Cara Membuat Batik Tulis

Motif Batik Tradisional

Batik adalah seni dan kerajinan, yang menjadi lebih populer dan terkenal di Barat sebagai media sangat kreatif. Seni dekorasi kain dalam cara ini, menggunakan lilin dan pewarna, telah berlatih selama berabad-abad.

1. Truntum Indonesia Batik

motif batik truntum

Truntum motif diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana, istri Sunan Pakubuwana III, dan merujuk kepada satu direvitalisasi. Dia menciptakan motif ini sebagai simbol cinta tanpa syarat, kekal yang terus tumbuh (tumaruntum).

Karena makna, kain bermotif truntum biasanya dipakai oleh orangtua dari pengantin pada hari pernikahan.

Diharapkan bahwa cinta yang dilambangkan dalam motif ini akan dilewatkan pada pasangan pengantin. Beberapa kali dirasakan bahwa orang tua diminta untuk "Panduan" Pasangan pengantin saat mereka memasuki hidup baru bersama-sama.

2. Kawung Batik Indonesia

motif batik kawung

Kawung motif oval, menyerupai kawung buah (semacam palm buah yang kadang-kadang disebut kolang-kaling), dan mengatur di patern geometris rapi. Kadang-kadang motif ini juga diartikan sebagai bunga teratai dengan empat kelopak split. Bunga teratai melambangkan kehidupan panjang dan kemurnian.

3. Motif Semen Rama Batik Indonesia

motif batik semen rama

Motif Semen Rama (diucapkan Semen Romo) sering terhubung ke cerita Ramayana, yang memiliki ajaran Hastha Brata, ajaran delapan Good Governance. Pelajaran berharga ini adalah hadiah dari Ramawijaya untuk Wibisana ketika yang terakhir dimahkotai raja Alengka.

Dengan demikian Semen Rama mewujudkan pengajaran sifat inti dari seorang raja atau pemimpin.

4. Sekar Jagad Indonesia Batik

motif batik sekar jagad

Motif Sekar Jagad mewujudkan makna Kecantikan dan kasih karunia yang mengesankan orang. Juga ada orang-orang yang menganggap motif Sekar Jagad berasal dari kata "kar Jagad" (Kar = peta; Jagad = dunia), sehingga motif ini melambangkan keragaman yang ditemukan di seluruh dunia.

5. Sido Luhur Indonesia Batik

motif batik sido luhur

Motif Sida Luhur (diucapkan "Sido Luhur") menyatakan harapan untuk mencapai posisi tinggi di masyarakat dan menjadi seorang pemimpin masyarakat.

All comments

Leave a Reply