Cara Membuat Batik Tulis

Oleh Oleh Khas Semarang

Menghabiskan waktu liburan untuk mengunjungi Semarang bisa jadi menjadi pilihan yang tepat. Apalagi setelah Anda selesai mengunjungi semua destinasi yang ada di Semarang maka bisa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Ada begitu banyak macam oleh-oleh yang bisa dipilih. Terkadang Anda mungkin merasa kebingungan kira-kira oleh-oleh apa yang cocok dan banyak disukai oleh orang-orang. Namun, faktanya semua oleh-oleh yang ada di Semarang memiliki ciri khasnya masing-masing.

Inilah 15 Oleh-oleh Khas Semarang yang Harus Anda Ketahui.

1. Lumpia

Sudah bukan rahasia umum lagi jika lumpia adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang paling populer. Bahkan, rasanya tidak akan sempurna kunjungan Anda ke kota tersebut apabila belum membeli lumpianya.

Yang paling populer adalah lumpia isi rebung. Jika biasanya kebanyakan di daerah lainnya menggunakan isian sayuran atau telur, untuk lumpia yang ada di Semarang akan menggunakan isian rebung.

2. Bandeng Presto

Semarang memang salah satu kota yang menjadi penghasil ikan laut terbesar di Indonesia. Maka tidak mengherankan jika Bandeng merupakan salah satu makanan yang menjadi kekhasan dari kota Semarang.

Salah satu olahan Bandengan di Semarang yang sangat terkenal dan banyak dijadikan oleh-oleh adalah Bandeng presto. Olahan tersebut memberikan cita rasa yang sangat gurih dan enak.

3. Wingko Babat

Oleh-oleh satu ini adalah jenis jajanan yang terbuat dari tepung kentan yang didominasi oleh campuran parutan kelapa muda. Ada juga campuran gula kelapa yang terdapat di dalamnya sehingga dapat menghasilkan rasa yang gurih hingga legit.

Ada banyak varian rasa yang disediakan oleh setiap toko. Anda bisa memilih rasa-rasa seperti durian, pisang, cokelat, dan masih banyak lagi.

4. Brownies Opium

Melihat dari namanya mungkin orang yang beraga muslim akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membeli karena ophium dikenal sebagai barang haram. Padahal sebenarnya nama ophium diambil karena sejarahnya dulu memang berasal dari toko ophium.

Varian rasa yang dimiliki oleh brownis satu ini adalah cokelat sehingga banyak yang menyukainya. Namun, Anda juga bisa menjumpai varian rasa lainnya seperti pisang, pandan, dan vanilla.

5. Wingko Roll

Tak hanya memiliki wingko babat saja, Semarang juga memiliki wingko roll yang sangat lezat. Makanan tersebut menjadi sangat populer karena merupakan milik Sandra Dewi. Artis tersebut adalah pemilik serta penggagas dari makanan unik satu ini.

Awalnya, wingko sendiri menjadi salah satu kuliner yang sudah terkenal di Semarang. Kemudian Sandra Dewi membuat sebuah inovasi baru, yakni dengan membuat bentuk roll. Pengemasannya juga lebih menjual sehingga banyak yang berminat.

6. Tahu Bakso

Oleh-oleh khas Semarang yang selanjutnya adalah Tahu Bakso. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana tapi banyak sekali digemari oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan yang berkunjung.

Sesuai dengan namanya, makanan ini memang terdiri dari tahu yang di dalamnya diselipkan isian bakso. Terdapat dua varian jenis tahu bakso yang bisa dipilih, yakni goreng atau rebus.

7. Kue Sarang Madu

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh satu ini memang memiliki bentuk yang mirip seperti sarang tawon. Bahan dasarnya adalah tepung beras yang dipadukan dengan perasan santan dan gula merah.

Kue ini merupakan khas dari desa Welahan. Hampir semua masyarakat di sana merupakan pembuat kue satu ini. Namun tentunya, antara satu pembuat dan pembuat lainnya memiliki kekhasan masing-masing.

8. Kue Mochi

Oleh-oleh satu ini hanya bisa Anda temukan apabila berkunjung ke Semarang. Kue satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan ketika Anda akan merasa seperti menggigit permen karet karena saking lembutnya.

Oleh-oleh ini termasuk cukup populer di kalangan wisatawan. Selain memiliki tekstur yang sangat lembut, di dalamnya terdapat berbagai isian yang sangat enak. Mulai dari kacang, wijen, gula merah, dan masih banyak lagi.

9. Roti Ganjel Rel

Dilihat dari namanya saja, jajanan satu ini sudah memiliki keunikan yang cukup membuat para wisatawan penasaran. Sebenarnya, jajanan satu ini adalah olahan kue yang hampir mirip seperti brownis.

Yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk menjadikan makanan satu ini menjadi oleh-oleh adalah kemasannya yang sangat cantik. Kemasannya hampir mirip seperti kue tart yang memiliki wadah bening.

10. Lontong Spekkoek Wiki

Oleh-oleh khas Semarang ini wajib Anda bawa pulang karena memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang lezat. Kue satu ini terbuat dari bahan tepung tapioka yang dipadukan dengan selai cokelat.

Lontong Spekkoek Wiki memiliki banyak varian rasa yang patut untuk dicoba. Tak hanya cokelat saja, Anda bisa mencicipi rasa pandan dan juga blueberry apabila membelinya.

11. Tumpi Semarang

Bagi sebagian orang, tentunya akan sangat merasa asing dengan nama oleh-oleh satu ini. Makanan satu ini jika di daerah lain biasanya disebut rempeyek. Bentuknya lebar-lebar seperti daun, dan memiliki berbagai jenis taburan.

Ada yang ditaburi kacang, teri, lotho, dan masih banyak lagi. Rasanya sangat gurih dan benar-benar lezat. Makanan ini juga tahan lama sehingga cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

12. Torakur

Oleh-oleh satu ini adalah sejenis makanan manisan yang unik. Jika biasanya manisan terbuat dari mangga atau buah-buahan lainnya, Torakur terbuat dari bahan dasar tomat dan juga kurma pilihan.

Tomat dan kurma tersebut dikeringkan lalu ditunggu prosesnya selama beberapa hari. Jika dirasa sudah sangat kering, kedua bahan tersebut baru diolah menjadi manisan yang lezat.

13. Roti Briliant

Roti brilliant adalah oleh-oleh yang mirip seperti roti biasanya, hanya saja terdiri dari berbagai lapisan yang unik. Yang menjadikan roti satu ini masih banyak peminatnya adalah resep kunonya yang masih terjaga dan digunakan hingga kini.

Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh yang banyak tersedia. Namun, jika ingin mendapatkan sensasi resep kuno sebaiknya belilah di tempat yang sudah lama berdiri.

14. Tahu Petis

Jajanan satu ini memang masih bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun, yang membuatnya berbeda dan lebih spesial adalah karena rasa petisnya. Selain itu, ada juga tambahan sayuran yang membuat tahu ini menjadi lebih enak.

Rasa petisnya merupakan perpaduan dari gurih dan manis. Hal itu menciptakan cita rasa yang sangat enak.

15. Ayam Tulang Lunak

Sesuai dengan namanya, proses pengolahan ayam ini menggunakan alat presto sehingga bisa memiliki tulang yang lunak tapi tidak sepenuhnya hancur. Dengan begitu, Anda juga bisa menikmati tulang ayam yang justru mengandung banyak vitamin.

All comments

Leave a Reply