Cara Membuat Batik Tulis

Sentra Kerajinan Batik Pekalongan

Pekalonganidentik dengan Kota Batik. Di mana sajakah Anda dapat menemui sentra belanja batik tersebut? Mari simak 3 lokasi tempat belanja batik yang strategis berikut ini:

International Batik Center (IBC) 

Ini kawasan sentra belanja batik terpadu yang berada di jalan lintas Pantura, tepatnya di Jl. A. Yani No. 573 Wiradesa, Pekalongan. Karena tempatnya yang strategis, IBC banyak dikunjungi pelancong. Di IBC berbagai macam jenis batik ditawarkan, mulai dari atasan, rok, kain, hingga kerajinan tangan batik hasil para perajin lokal. Harga yang ditawarkan pun beragam, dari murah hingga premium . Fasilitas yang disediakan oleh IBC ini juga terbilang lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet yang nyaman, area bermain anak, hingga tempat makan. Tertarik mengunjunginya? Jika dari arah Jakarta, letak IBC berada di sebelah kanan jalan lintas Pantura.

Pasar Grosir Setono (Setono)

Letak Pasar Grosir Setono juga sangat strategis dilalui pelancong. Letaknya di tepi jalan lintas Pantura memudahkan kita menemukan tempat ini. Tepatnya di Jalan Raya Baros, sekitar 3 km dari pusat kota Pekalongan. Setono sangat terkenal karena merupakan sentra belanja batik murah. Dari kemeja, kain, daster, celana, sampai kerajinan batik pun ada. Pasar ini juga menjual kerajinan tenun ATBM Pekalongan yang terkenal bagus dan murah. Selain batik, di Setono kita dapat menemukan penjual teh khas Pekalongan, seperti merk Bandulan, Nutu, dan Djawa. Jangan lupa mencicipi soto tauto di area parkiran depan Pasar Setono. Sedap!

Pasar Banjarsari (Banjarsari)

Pasar Banjarsari berada di pusat kota Pekalongan, tepatnya di Jl. Sultan Agung. Tempat ini terkenal dengan pedagang batik pesisirnya. Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Bagi yang ingin menjual kembali batiknya tepatlah jika Anda mengunjungi tempat ini. Dari atasan, celana, rok, mukena, kain, sampai daster kekinian dijual grosiran. Tak salah jika Banjarsari menjadi salah satu tempat favorit belanja batik di Pekalongan, karena model, desain, dan motifnya beragam, harganya murah, penjualnya pun ramah.

Batik dan Pekalongan adalah dua kata yang tak bisa dipisahkan. Ada ratusan rumah produksi batik yang melibatkan ribuan manusia tersebar merata di hampir seluruh kampung di kota ini. Bisnis batik bukan cuma soal kain, tentu saja. Ada banyak usaha turunan yang turut andil dan turut untung di dalamnya. Melintasi Sungai Pekalongan, saya seperti menyaksikan saksi pertumbuhan industri batik sepanjang sejarah.

All comments

Leave a Reply