Jenis-jenis Motif, Makna dan Daerah Asal Batik

Jenis-jenis Motif, Makna dan Daerah Asal Batik

Beberapa motif di sini pasti anda sudah lihat sebelumnya, tapi tidak apa-apa. Saya akan membahasnya sekaligus dengan maknanya, agar Anda lebih akrab ketika bertemu orang yang menggunakan batik dengan motif seperti ini. Pada saat yang sama Anda akan mengetahui makna dari batik yang Anda kenakan.

Secara garis besar ada 3 jenis motif batik. Motif klasik, pesisir dan kontemporer. Di mana ketiga jenis ini dibagi lagi berdasarkan wilayah asalnya, makna dan gambarnya.

 

Batik Klasik

Batik tradisional memiliki makna filosofis yang berasal dari kepercayaan para pembuatnya, yaitu masyarakat Jawa. Batik seperti ini memiliki keindahan visual dan filosofis. Umumnya batik ini mengandung warna-warna gelap yang memancarkan wibawa dan keseriusan.

 

 koleksi batik

Koleksi motif klasik, umumnya didominasi warna cokelat.

Keindahan visual adalah perasaan haru, perasaan terpesona yang berasal dari panca indera penglihatan manusia. Yang berasal dari harmoni berbagai warna dan berbagai bentuk.

Sedangkan keindahan filsafat adalah pemahaman terhadap pesan yang ingin disampaikan melalui torehan pada sebuah karya. Yang membentuk makna atau simbol sesuai dengan pemahaman dan harapan pembuatnya.

Daerah yang menghasilkan batik klasik adalah Solo, Yogyakarta, Sragen dan Semarang. Berikut ini adalah motif dari beberapa daerah ini.

 

Batik Sido Luhur 

 

Sido dalam bahasa Jawa berarti "selesai" atau "dibuat". Jadi makna kasarnya adalah menjadi luhur. Ini mencerminkan harapan bahwa pemakainya dapat mencapai kehidupan yang mulia, terhormat dan bermartabat. Dan selalu sehat secara fisik dan mental

 

 batik sidoluhur

Motif Batik Sido Luhur

 

Batik Sido Mukti

motif batik sidomukti

Motif Batik Sido Mukti

Motif batik ini sering digunakan pada acara pernikahan. Makna filosofis di dalamnya adalah kemakmuran, dan harapan bahwa seseorang dapat mencapai kebahagiaan secara fisik dan mental.

 

Batik Sido Mulyo

 motif batik sidomulyo

Motif Batik Sido Mulyo

Jika Sido Luhur berarti menjadi orang yang mulia, maka Sido Mulyo adalah batik yang memberi harapan bagi seseorang untuk mencapai kejayaan. Karena maknanya adalah menjadi mulia.

Namun dibalik itu, batik sebenarnya dimaksudkan agar seseorang mencapai harapan kemakmuran dan perlindungan. Batik ini juga sering digunakan di banyak pernikahan, dengan harapan bahwa keluarga baru ini akan menjadi keluarga yang sukses dan mendapatkan kemuliaan. Ini sangat berat maknanya, kawan!

 

Batik Cuwiri

 Batik ini sering digunakan untuk memperingati usia bayi dalam kandungan yang telah mencapai 7 bulan (Mitoni). Cuwiri berarti hal-hal kecil. Filosofi di dalamnya adalah harapan bahwa sejak kecil seseorang sudah memiliki nilai-nilai yang baik, sehingga mereka dihormati oleh masyarakat.

 

 batik cuwiri

Motif Batik Cuwiri

 

Batik Kawung

Mungkin Anda tidak tahu apa itu buah Kawung. Bagaimana Anda tahu? Ini adalah asal batik menurut beberapa sumber. Ada juga yang berpendapat bahwa batik ini terinspirasi oleh hewan Kwangwung atau yang biasa disebut kumbang tanduk.

 batik kawung

Motif Batik Kawung

Arti batik adalah penggambaran hati yang bersih. Bahwa niat hati yang bersih adalah tekad yang tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Makna berasal dari filosofi buah Kawung, yang memiliki buah putih bening di dalamnya. Jika Anda ingin tahu lebih detail, silakan baca artikel kami tentang batik Kawung.

 Artikel Lainnya:

Batik Tambal

Konon ceritanya, batik ini bisa memberikan penyembuhan bagi orang yang sedang sakit. Filosofi batik ini adalah harapan bahwa seseorang yang sakit segera sehat, dan kerusakan padanya dapat segera diperbaiki.

Arti juga berarti seseorang yang selalu meningkatkan dirinya dan menjadi orang yang lebih baik secara fisik dan mental.

 batik tambal

Motif  Batik Tambal

 

Batik Truntum

Batik ini juga merupakan batik yang sering digunakan di pesta pernikahan. Namun, batik ini tidak digunakan oleh pengantin wanita, tetapi digunakan oleh orang tua pengantin. Mengapa itu penting?

Karena truntum itu sendiri berarti membimbing. Jadi semoga orang tua mempelai perempuan dan laki-laki dapat memberikan panduan yang baik kepada calon mempelai perempuan dalam menjalani lembaran kehidupan baru keluarganya.

 motif batik truntum

 Batik Truntum

 

 

Batik Parang

Parang tersebut berasal dari kata pereng, yang berarti kemiringan. Saya sendiri sudah berusaha mencari tahu di mana bentuk parang itu? Rupanya yang dimaksud bukanlah senjata parang. Pereng menarik garis turun dari tinggi ke rendah secara diagonal.

 

Batik ini memiliki pola seperti huruf S yang kontinyu. Motif ini terinspirasi oleh batu yang kokoh melawan ombak, melambangkan roh yang tidak pernah padam. Motif ini juga melambangkan kekuatan.

 motif batik parang

Motif Batik Parang

Di masa lalu, motif batik Parang tidak boleh digunakan oleh sembarang orang. Hanya anggota kerajaan dan kerabat yang dapat menggunakannya. Motif parang besar dan kecil menunjukkan posisi sosial pemakainya di lingkungan kerajaan. Sangat keren ya

Jika Anda lihat, batik parang milik Sir Thomas Stamford Raffles memiliki motif Parang berukuran besar. Wow, itu artinya Mas Raffles sudah menjadi orang yang disegani di lingkungan kerajaan Jawa saat itu.

Ada beberapa jenis batik Parang. Ada Parang Rusak, Parang Barong, Parang Kusumo dan lainnya. Tergantung daerah asal.

 

Batik Grompol

Grompol dalam bahasa Jawa bisa berarti mengumpulkan atau menjadi satu. Seperti bergerombol. Filosofi di balik motif batik ini adalah harapan orang tua terhadap anak-anak mereka, di mana semua hal baik dapat bersatu. Seperti kebahagiaan, keberuntungan, harmoni dan kedamaian.

batik grompol 

Batik Grompol

Ketika digunakan di pesta pernikahan, batik Grompol melambangkan harapan bahwa keluarga yang baru terbentuk selalu dapat terus bersama dan bersatu. Selalu ingat keluarga mereka dari mana pun mereka pergi.

 

Batik Pesisir

Batik pesisir berbeda dengan batik klasik. Jenis batik ini lebih bebas dari segi motif, tidak kaku. Dari segi warna, batik Pesisir lebih berwarna daripada batik klasik. Ini melambangkan kemerdekaan dan jiwa yang penuh kebebasan. Ini disampaikan dalam bentuk motif dan warna.

Warna dan gambar yang tertulis pada batik pesisir lebih cerah, lebih mencolok, lebih berani daripada batik klasik. Berikut ini beberapa contoh batik pesisir.

 

Batik Lasem

Batik ini sering disebut-sebut sebagai batik encim. Memang, di Lasem ada banyak penduduk Cina. Lasem adalah sebuah kabupaten di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Tempat ini berbatasan dengan Laut Jawa Utara.

 batik lasem

 Batik Lasem

Lasem dikenal sebagai "Cina kecil" karena merupakan kota pendaratan Tiongkok awal di tanah Jawa.

Konon warna merah batik Lasem tidak bisa ditiru oleh pengrajin batik dari daerah lain. Karena di sana menggunakan kulit noni olahan yang dicampur dengan kayu untuk menghasilkan warna merah.

 

Di masa lalu, batik Lasem hanya digunakan oleh wanita keturunan Cina yang sudah berusia lanjut. Pengaruh orang Cina sangat kental terasa pada batik Lasem, mulai dari merah, hingga gambar Naga, Phoenix dan karakter Cina. Batik Lasem ini sangat indah.

 

Batik Cirebon

Ciri khas batik dari Cirebon adalah motif Megamendung, atau bisa juga disebut awan-awanan. Motif Megamendung adalah hasil akulturasi budaya Cina yang dikembangkan oleh seniman batik Cirebon sesuai dengan selera masyarakat Cirebon yang mayoritas beragama Islam.

 motif mega mendung

 Batik Megamendung

Batik Cirebon mulai berkembang ketika pelabuhan Muara Jati menjadi surga bagi para pedagang dari Cina, Arab, Persia dan India. Perkawinan antara Sunan Gunung Jati dan putri Ong Tien adalah suatu peristiwa yang memulai akulturasi budaya Cina dan budaya Keraton Jawa.

Di masa lalu, motif megamendung ini hanya digunakan oleh anggota istana. Sekarang bahkan karyawan anak-anak sekolah dapat memakainya

 

Batik Belanda & Eropa

Penjajah Belanda memiliki pengaruh kuat pada motif batik pesisir. Contohnya adalah motif batik Little Red Riding Hood yang menggambarkan kisah cerita rakyat dari Perancis, dan pada waktu itu disukai oleh penjajah Belanda. Batik ini populer antara 1840-1940 di Indonesia.

 batik riding red

Batik Red Riding Hood

Ternyata orang Eropa benar-benar menyukai batik. Sir Thomas Stamford Raffles yang berasal dari Inggris begitu tertarik dengan budaya batik sehingga ia mengirim banyak kain batik ke Inggris untuk diproduksi massal.

Tetapi istilah batik Belanda sendiri lahir karena seorang wanita bernama Carolina Josephina Franqemont, seorang wanita keturunan Indonesia dan Belanda. Desain khasnya yang disukai oleh masyarakat Eropa pada umumnya bercorak dengan karangan bunga Eropa dan dongeng.

 

Batik Pekalongan

Batik sangat kaya warna. Pekalongan adalah kota batik di Indonesia, bahkan mereka memiliki museum batik sendiri. Banyak pengrajin batik berada di kota Pekalongan, sampai ke pinggiran kota.

Padahal, setiap desa di Pekalongan memiliki karakteristik sendiri yang berbeda dengan desa lainnya. Padahal sama-sama Pekalongan.

Batik Pekalongan adalah salah satu jenis batik dengan kualitas terbaik. Desain batik Pekalongan dipengaruhi oleh beberapa budaya dan bangsa seiring dengan sejarah Indonesia, dari Cina, Belanda dan Jepang. Inilah yang membuat batik Pekalongan sangat istimewa dan selalu berkembang sesuai perkembangan zaman.

Salah satu batik terindah berasal dari Pekalongan, yaitu batik Hokokai. Selama pendudukan Jepang, batik Hokokai lahir, batik yang sangat indah dengan gambar dan motif. Terdiri dari bunga dan kupu-kupu. Sedangkan kain saat diregangkan, akan dibagi dua, yaitu motif pagi dan sore. Jika Anda tertarik dengan batik Hokokai, baca artikelnya.

 

Batik Hokokai

Batik ini mengikuti selera penjajah Jepang pada saat itu. Di mana pengrajin terpaksa membuat batik sesuai dengan selera Jepang tanpa dibayar. Karena banyaknya kekurangan pada masa itu, harga kain Mori untuk membuat batik menjadi sangat mahal.

motif batik hokokai

Motif batik hokokai

Jadi sistem dibuat pagi dan sore, yang dalam sehari seorang wanita hanya bisa menggunakan selembar kain. Tidak perlu diubah. Karena bagian atas kain lebih terang sehingga dapat digunakan di pagi hari, dan ketika kain terbalik, motifnya cenderung lebih gelap sehingga dapat digunakan di malam hari. Jadi menghemat lebih banyak biaya.

 

Batik Kontemporer

Jenis batik ini tidak lekang oleh motif yang ada. Disebut juga batik modern. Biasanya motif kontemporer dibuat oleh merek batik muda. Sehingga sumber inspirasi tidak melulu dilihat dari masa lalu, atau yang sudah ada. Inspirasi ini bahkan dapat datang dari budaya luar, atau kehidupan pemuda saat ini.

Artikel Lainnya:

All comments

Leave a Reply