Batik Abstrak , Evolusi Kain Batik yang Go International

Batik Abstrak , Evolusi Kain Batik yang Go International

Bicara soal batik seolah tak pernah ada habisnya untuk dibahas. Ini karena ada begitu banyak jenis dan motif batik Indonesia. Kali ini, kita akan membahas batik abstrak yang saat ini menjadi andalan di dalam dan luar negeri.

Tidak kalah dengan jenis batik lainnya yang merupakan peninggalan masa lalu, batik abstrak juga telah mencuri perhatian para penggemar kain batik. Motif tidak beraturan ini dibuat berdasarkan kreativitas batik sehingga batik ini menghasilkan berbagai pola dan warna yang berbeda di setiap pembuatannya.

Artikel Lainnya:

Seperti halnya batik tulis lainnya, proses pembuatan batik abstrak dilakukan secara tradisional, yang akan diberi tip menggunakan malam kemudian diwarnai, direbus, dan dikeringkan. Tidak hanya menggunakan canting, teknik menggambar juga bisa dilakukan dengan menggunakan kuas seperti melukis di atas kanvas. Karena dilakukan secara tradisional dan manual, tidak mengherankan bahwa pembuatan kain batik bisa memakan waktu hingga tiga minggu.

Kain batik abstrak dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan seperti pakaian, perhiasan, aksesoris, hingga lukisan. Motif bebasnya untuk membuat batik disukai oleh hampir semua kelompok umur, termasuk remaja.

Penggemar batik abstrak telah sampai ke Eropa, Anda tahu, Fimelova. Selain laris manis di pasar Asia seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan India, banyak komunitas Eropa juga tertarik dengan kain asli Indonesia ini. Batik yang terus mengalami perkembangan ini tentu akan berkembang menjadi kain favorit global. Setuju?

Artikel Lainnya:

All comments

Leave a Reply